Sabtu , 13 Agustus 2022
Home / Bengkulu Raya / Bengkulu Selatan / Kadis TPHP Provinsi Tinjau Pekerjaan RJIT Bantuan Kementerian di BS

Kadis TPHP Provinsi Tinjau Pekerjaan RJIT Bantuan Kementerian di BS

 

KOTA MANNA, rakyatbengku.disway.id-  Dalam pelaksanaan program Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT) yang melibatkan partisipasi dari kelompok tani (Poktan) atau Gabungan kelompok tani (Gapoktan) di Bengkulu Selatan mendapat tinjuan langsung Kepala Dinas Pertanian (DTPHP) Provinsi Bengkulu Ir Ricky Gunarwan bersama tim yang berada di Kecamatan Kedurang, Kamis (7/7).

Kadis Pertanian Ricky melihat langsung pekerjaan RJIT, salah satunya kelompok tani usaha bersama di Desa Pajar Bulan Kecamatan Kedurang.

Dikatakan Ricky, di Kabupaten Bengkulu Selatan ada 18 kelompok tani yang mendapatkan bantuan dari Kementerian Pertanian terkait RJIT. Dengan panjang 1.200 meter Dan langsung dikerjakan oleh kelompok tani.

Untuk kelompok tani di Desa Pajar Bulan telah dilakukan RJIT sepanjang 81 meter yang akan mengairi areal persawahan 100 hektare lebih.

“Kadi kelompok yang mengerjakannya dibawah pengawasan Pertanian Kabupaten dan Propinsi. Dananya dari Kementerian Pertanian melalui Dirjen Sarana dan Prasarana,” kata Ricky saat dilokasi RJIT.

Bantuan ini diungkapkan Ricky setiap tahun, namun dilakukan secara bertahap. Seperti di Desa Pajar Bulan baru dilakukan 81 meter dari kebutuhan 500 meter.

Perbaikan irigasi bertahap lantaran banyak perbaikan yang akan dilakukan untuk kesejahteraan Pertanian BS.

“Benih, pupuk, irigasi, bahkan pemasaran telah dilakukan. Ini secara bertahap,” ujar Ricky

Secara terpisah, Kadis Pertanian bersama Dandim 0408 BSK Letkol Inf Aswin Suladi juga meninjau lokasi perbaikan infrastruktur optimalisasi lahan di Desa Ganjuh Kecamatan Pino.

Perbaikan irigasi di Desa Ganjuh juga bantuan Kementerian Pertanian yang disalurkan ke kelompok tani Batau Baru Desa Ganjuh.

Dikatakan Dandim, perbaikan infrastruktur Pertanian ini merupakan karya bakti untuk kepentingan masyarakat.

Untuk Kabupaten BS disebutkan Dandim ada empat titik yakni, Desa Ganjuh, Desa Sebilo, Desa Darat Sawah Ulu dan Darar Sawah. Untuk pekerjaannya dalam bentuk galian irigasi dan jalan sentral produksi pertanian.

“Pelaksanaannya Kodim, kita berdayakan masyarakat sekita. Diawasi Dinas Provinsi dan kabupaten. Kita targetkan tiga bulan terhitung mulai Juni,” kata Dandim

Untuk pekerjaan yang telah selesai 100 persen ada dua lokasi yakni Desa Sebilo dan Darat Sawah Ulu.(tek/prw)

Berita Lainnya

Kadis Apresiasi Eksistensi KPN Bhakti Pustaka DPK Provinsi Bengkulu

  BENGKULU, rakyatbengkulu.com –  Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu , H. Meri Sasdi,.M.Pd …

%d blogger menyukai ini: