Jumat , 2 Desember 2022
Home / Metropolis / DPK Provinisi Bengkulu mencanangkan Gerakan Sadar Arsip Bagi Keluarga

DPK Provinisi Bengkulu mencanangkan Gerakan Sadar Arsip Bagi Keluarga

Bengkulu, rakyatbengkulu.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu Dengan dikeluarkannya Undang-undang Kearsipan membuktikan bahwa arsip sangat penting, karena setiap kegiatan pemerintah maupun masyarakat membutuhkan arsip, dan gerakan ini akan dicanangkan Gerakan Sadar Arsip Bagi Keluarga

Kepala Bidang Pengawasan dan Pembinaan DPK Provinsi Bengkulu, Dian Fitri Sari, SE, M mengatakan gerakan nasional sadar dan tertib arsip merupakan upaya untuk membangun kesadaran semua elemen masyarakat terhadap pentingnya mengelola arsip, khususnya Keluarga.

Tertib arsip untuk kepentingan, karena ada kejadian dimana pemerintah daerah harus kehilangan kepemilikannya atas asetnya karena tidak punya arsip dokumen kepemilikan, sehingga hak atas aset diambil oleh pihak lain.

“DPK terus membangun dan meningkatkan kesadaran arsip. Arsip itu sangat penting dan sangatlah dibutuhkan,” katanya

Pengertian Arsip adalah catatan rekaman kegiatan atau sumber informasi dengan berbagai macam bentuk yang dibuat oleh lembaga, organisasi maupun perseorangan dalam rangka pelaksanaan kegiatan.

Arsip dapat berupa surat, warkat, akta, piagam, buku, dan sebagainya, yang dapat dijadikan bukti sahih untuk suatu tindakan dan keputusan. Dengan adanya perkembangan teknologi, arsip dapat berbentuk audio, video dan digital.

Arsip Keluarga merupakan rekaman kegiatan dalam berbagai bentuk dan media yang dibuat dan diterima oleh anggota keluarga dalam mendukung aktivitas keluarga yang dapat membantu dalam mengurus berbagai kepentingan misalnya untuk mendaftar sekolah, kuliah, mencari pekerjaan, dan lain sebagainya.

Contoh Arsip Keluarga adalah rapor pendidikan, ijazah, akta kelahiran, paspor, sertifikat tanah, kartu keluarga, buku nikah, dan arsip lainnya yang dimiliki dan tercipta dalam lingkup keluarga.

Oleh karena itu, penting bagi setiap keluarga untuk menata arsip keluarganya sehingga ketika dibutuhkan untuk kepentingan administrasi dapat ditemukan dengan mudah dan cepat.

Arsip keluarga merupakan data vital bagi anggota keluarga untuk berbagai kepentingan seperti urusan kantor, sekolah, finansial, asuransi, dan aktivitas sosial lainnya. Oleh karena itu, mengetahui cara mengelola arsip keluarga sangat penting agar dapat terus digunakan sebagai alat bukti yang sah. Pengelolaan arsip tersebut dapat dilakukan secara mandiri oleh anggota keluarga melalui penciptaan, pemberkasan, dan perlindungan arsip. (Gik/Prw)

Berita Lainnya

Perketat IMB, Antisipasi Dampak Bencana

TUBEI, rakyatbengkulu.com – Tingginya potensi bencana di Kabupaten Lebong tidak bisa dihindari mengingat kontur dan …