Minggu , 25 September 2022
Home / KESEHATAN / Jangan Sepelekan, Kenali Bahaya TBC

Jangan Sepelekan, Kenali Bahaya TBC

 

KEPAHIANG, RAKYATBENGKULU.COM – Jangan sekali-kali menyepelekan penyakit Tuberculosis (TBC). Di Indonesia, per tahunnya Kementerian Kesehatan mencatat TBC sudah merenggut 90 ribu nyawa.

Kenali dan deteksi dini TBC dengan mengenali gejala, sangat disarankan.

Di Kabupaten Kepahiang, diketahui 30 warga dinyatakan terpapar TBC. Bahkan 1 orang diantaranya meninggal  dunia beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepahiang, H. Tajri Fauzan,  S.KM, M.Si mengatakan meskipun  secara kolektif angka ini masih rendah dibanding tahun lalu, namun  masyarakat tetap perlu waspada  terhadap jenis penyakit ini.

“TBC ini kadang memiliki gejala, kadang juga tidak bergejala. Penyakit ini bisa datang kapanpun mengancam kesehatan masyarakat.

Bahkan di Indonesia saja pertahunnya lebih  dari 90 ribu orang meninggal karena  TBC berdasarkan data Kementerian  Kesehatan,” terang Tajri.

Ia mengatakan, TBC merupakan  penyakit menular yang menyebabkan masalah kesehatan terbesar  kedua di dunia setelah HIV.

Penyakit ini disebabkan oleh basil dari  bakteri Mycobacterium tuberculosis.

Untuk itu, guna menekan angka  penyebaran penyakit TBC di Kabupaten Kepahiang, Dinkes tahun  ini memiliki target sekitar 2.000  bayi diberikan vaksin DPTHB dan  BCG.

Pemberian kedua vaksin ini  merupakan salah satu langkah  pencegahan penyakit TBC yang  dikhawatirkan menyerang para balita di Kabupaten Kepahiang.

Untuk tahun ini pihaknya menargetkan 95 persen capaian suntikan vaksin  DPTHB dan BCG yang akan menyasar para balita.

Selain itu Dinkes  Kepahiang juga akan menargetkan  95 persen vaksin polio yang juga  menyasar kepada para balita.

“Walaupun berdasarkan hasil pendataan yang kita lakukan selama ini,  belum ditemukannya balita penderita polio di Kabupaten Kepahiang.

Namun kita tetap terus melakukan  pendataan dan vaksinasi agar penyakit ini tidak berkembang. Selain itu juga untuk TBC kita akan menjadikan prioritas,” tutupnya.  (sly)

Berita Lainnya

Insentif Nakes buat Tangani Covid Tetap Disiapkan

  ARGA MAKMUR – Meskipun kasus Covid-19 di Bengkulu Utara (BU) saat ini sudah nihil …

%d blogger menyukai ini: