Minggu , 25 September 2022
Home / Madrasah / Tausiyah: Keutamaan Berselawat

Tausiyah: Keutamaan Berselawat

Oleh: Sukran Jayadi, S.Sos.I, M.Pd.I

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM – Membiasakan diri dalam membaca selawat kepada Rasullullah SAW merupakan ibadah yang sangat luar biasa bagi seorang muslim.

Selain tidak memerlukan waktu yang khusus, bersholawat sangat mudah untuk dilakukan.

Selawat nabi merupakan sebuah ungkapan, sanjungan serta sebagai bentuk kecintaan dan memuliakan nabi Muhammad SAW.

Selain bernilai ibadah berselawat juga bentuk ketaatan seorang muslim atas perintah Allah SWT, sebagaimana firman-Nya dalam Alquran surat Al-Ahzab ayat 56 : “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi.

Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.

”(QS. Al-Ahzab: 56). Janji Allah SWT kepada hamba-Nya yang berselawat kepada Nabi Muhammad SAW akan mendapatkan pahala yang besar baginya.

Keutamaan membaca selawat nabi seperti dijelaskan dalam sebuah hadist, Nabi Muhammad Saw bersabda: “Barangsiapa berselawat kepadaku sekali, Allah memberikan rahmat kepadanya sepuluh kali.” (HR Muslim).

Pertanyaannya adalah apa saja keutamaan dalam membaca selawat kepada nabi Muhammad SAW? Keutamaan itu diantaranya akan mendapatkan syafaat di hari kiamat.

Hal ini dijelaskan oleh Abdullah ibnu Mas’ud, bahwa Rasulullah SAW bersabda “Orang yang paling berhak mendapat syafaatku kelak di hari kiamat adalah orang yang paling banyak membaca shalawat untukku”.

Selanjutnya akan berkumpul bersama Nabi Muhammad SAW di surga. Berikutnya, mendapatkan pahala yang berlipat ganda dan terbebas dari siksa neraka.

Keutamaan lainnya yakni bisa enjadi wasilah dikabulkannya doa dan diangkat derajatnya. (cw3)

Berita Lainnya

Ganti Motor Lama dengan Motor Baru, Astra Motor Bengkulu Geber Program TIGER, Ini Syaratnya

  BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM – Mau tukar motor lama dengan yang baru? Tukar tambah di Astra Motor Bengkulu …

%d blogger menyukai ini: