Jumat , 3 Februari 2023
Home / Nasional / KPK Geledah 14 Kantor dan Rumah Bupati Bangkalan

KPK Geledah 14 Kantor dan Rumah Bupati Bangkalan

JAKARTA, rakyatbengkulu.com – Hampir semua kantor dinas dan badan di lingkungan Pemkab Bangkalan disambangi tim penyidik KPK pekan lalu. Hasilnya, KPK mengamankan berbagai dokumen dan bukti elektronik sebagai barang bukti.

KPK menyebut bukti-bukti itu bakal mengungkap apa saja peran para tersangka yang terlibat dalam kasus dugaan suap jual beli jabatan di Pemkab Bangkalan.

Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri menerangkan total ada 14 lokasi penggeledahan di Bangkalan.

Selain kantor dinas dan badan, tim penyidik juga menggeledah kantor DPRD serta rumah pribadi Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron. Dari penggeledahan belasan tempat itulah barang bukti tambahan didapatkan.

BACA JUGA: BPD dan Pendamping Kuatkan Dugaan Korupsi

Ali memerinci ada 12 kantor dinas dan badan yang disambangi tim penyidik pekan lalu. Diantaranya kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, Dinas Ketahanan Pangan (DKP), serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Tak hanya itu, KPK juga menyambangi kantor Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Pendidikan (Dindik), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Dinas Sosial (Dinsos) serta Badan Pendapatan Daerah (Bapenda).

Penggeledahan itu dilakukan secara maraton dari tanggal 24-28 Oktober. Ali mengungkapkan barang bukti dokumen yang diperoleh dari penggeledahan tersebut saat ini tengah dianalisis oleh tim penyidik.

Hasil analisis itu nantinya akan menjadi dasar penyitaan untuk melengkapi pemberkasan perkara. ”Nantinya (barang bukti) juga mampu mengungkap peran dari para tersangka dan pihak terkait lainnya,” paparnya, kemarin (1/11).

BACA JUGA: Keluhkan Tak Ada Tempat Sampah

Sebelumnya, KPK telah menetapkan enam orang sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi terkait jual beli jabatan di Pemkab Bangkalan.

Selain Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron, ada lima pejabat teras pemkab setempat yang turut menjadi tersangka. Mayoritas menjabat sebagai kepala dinas (kadis). (tyo)

Berita Lainnya

Perketat IMB, Antisipasi Dampak Bencana

TUBEI, rakyatbengkulu.com – Tingginya potensi bencana di Kabupaten Lebong tidak bisa dihindari mengingat kontur dan …