Jumat , 3 Februari 2023
Home / Bengkulu Raya / Bengkulu Utara / Serapan DD Wajib Diatas 90 Persen

Serapan DD Wajib Diatas 90 Persen

 

ARGA MAKMUR, rakyatbengkulu.com – Menjelang dua bulan berakhirnya tahun anggaran 2022, Wabup Bengkulu Utara (BU) Arie Septia Adinata, SE, M.Ap mengingatkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) dan seluruh camat. Mereka diminta mengecek serapan anggaran di desa-desa.

Wabup menargetkan tahun ini serapan DD minimal 90-95 persen. Apalagi saat ini seluruh daerah termasuk BU tengah melaksanakan program pengendalian inflasi yang salah satunya mendorong terlaksananya program daerah hingga desa.

“Kalau serapan rendah, artinya program tidak berjalan yang artinya masyarakat tidak bisa mendapatkan manfaat dari adanya DD tersebut,” ujar Arie.

Dia meminta Dinas BPD dan Camat memanggil kepala desa yang serapannya masih dibawah 80 persen.

Sehingga bisa dilakukan percepatan program dan menangani jika memang ada permasalahan yang terjadi di desa, terutama jika memang terkait dengan kepala desa yang lama. “Jangan sampai dibiarkan program tidak berjalan.

Karena masyarakat yang akan dirugikan. Sedangkan saat ini kita tengah mendorong peningkatan perputaran uang untuk meningkatkan daya beli masyarakat,” sebut Arie.

Seluruh program, terutama Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan kegiatan fisik wajib tuntas 100 persen. Apalagi ia menilai tahun ini pekerjaan fisik di desa tidak terlalu besar.

“Anggaran tahun ini masih banyak untuk BLT dan kegiatan nonfisik lainnya. Jadi kegiatan fisik sedikit dan tidak boleh tidak selesai,” tegasnya.

Apalagi pascadialihkannya pembayaran DD langsung dari Kementerian Keuangan, serapan DD lansgung dipantau oleh Kemenkeu.

Hal ini akan memunculkan catatan buruk daerah jika memang ada desa yang justru serapannya dibawah 80 persen.

“Kita mengantisipasi adanya sanksi dari Kemenkeu bagi desa yang serapan DD rendah. Karena jika terjadinya sanksi, maka yang sulit adalah masyarakat,” pungkas Arie.(qia)

Berita Lainnya

Perketat IMB, Antisipasi Dampak Bencana

TUBEI, rakyatbengkulu.com – Tingginya potensi bencana di Kabupaten Lebong tidak bisa dihindari mengingat kontur dan …