Jumat , 3 Februari 2023
Home / Bengkulu Raya / Bengkulu Utara / Besok Terdakwa Diperiksa, Pekan Depan tuntutan

Besok Terdakwa Diperiksa, Pekan Depan tuntutan

PRADHANA PROBO

 

ARGA MAKMUR, rakyatbengkulu.com – Persidangan kasus dugaan korupsi Dana Desa (DD) Jabi dengan terdakwa kades non aktif Ferdinal akan memasuki babak akhir.

Persidangan Selasa (8/11) akan langsung menggabungkan tiga agenda sekaligus dan dijadwalkan tuntas besok.
Tiga agenda yang akan dilakukan adalah pemeriksaan ahli dari JPU yang merupakan ahli konstruksi bangunan. Pemeriksaan saksi yang meringankan dan pemeriksaan terdakwa.

Kajari BU, Pradhana Probo S, SE, SH, MH melalui Kasi Intel Denny Agustian, SH, MH menuturkan JPU sudah mengkonfirmasi pada ahli yang akan dimintai keterangan dalam sidang besok. Ahli yang akan dihadirkan adalah saksi terakhir yang akan dihadirkan JPU dalam tahap pembuktian.

“Untuk saksi dari JPU hanya tersisa satu, pemeriksaan ahli. Selanjutnya majelis memberikan kesempatan pada terdakwa untuk menghadirkan saksi yang meringankan dan rencananya juga dilakukan Selasa,” terangnya.

Jika memang terdakwa nantinya tidak menghadirkan saksi yang meringankan, maka agenda sidang akan langsung dilanjutkan dengan pemeriksaan terdakwa. Pemeriksaan ini dilakukan sesuai dengan fakta-fakta yang sudah terungkap di persidangan pada saat pembuktian.

“Kita juga sudah siap jika nantinya terdakwa menghadirkan saksi yang meringankan untuk dimintai keterangannya di persidangan,” ujarnya.

Jika sidang berlangsung sesuai jadwal, maka pekan depan JPU sudah akan membacakan tuntutannya. “Setidaknya saat ini terdakwa sudah menitipkan uang untuk pembayaran kerugian negara.

Baik yang dititipkan ke JPU maupun yang sudah disetorkan langsung ke kas Silpa Desa. Jumlahnya sekitar Rp 413 juta yang sesuai dengan kerugian negara berdasarkan hasil audit,” ungkap Denny.(qia)

Berita Lainnya

Perketat IMB, Antisipasi Dampak Bencana

TUBEI, rakyatbengkulu.com – Tingginya potensi bencana di Kabupaten Lebong tidak bisa dihindari mengingat kontur dan …