Jumat , 3 Februari 2023
Home / Bengkulu Raya / Bengkulu Utara / Warga Gotong Royong Bangun Jembatan Desa

Warga Gotong Royong Bangun Jembatan Desa

Warga gotong royong membangun jembatan desa.

 

LAIS, rakyatbengkulu.com – Warga Desa Lubuk Gedang, Kecamatan Lais Bengkulu Utara (BU) bergotong royong membangun jembatan desa, kemarin.

Jembatan tersebut merupakan jembatan penghubung antara Desa Lubuk Gedang dan Desa Kertapati, Kecamatan Air Besi.

Pembangunan dilakukan secara swadaya oleh masyarakat terutama pemilik kebun di sepanjang jalan tersebut. Pekerjaan dilakukan secara gotong royong bersama Babinsa setempat.

Jalan tersebut merupakan jalan akses pertanian masyarakat yang setiap hari dilintasi.

Pasca banjir sebulan lalu, jembatan darurat yang dibangun warga hanyut. Jembatan hanya terbuat dari papan. Sedangkan, setiap hari warga membawa hasil kebunnya melintasi jalan tersebut.

Warga melakukan gotong royong baik dana maupun pembangunannya. Bahkan pembangunan dengan menggunakan semen cor sehingga lebih kuat lagi.

Mengingat lokasi jembatan tersebut berada di arus aliran sungai yang rawan meninggi saat hujan deras.

Kapolres BU, AKBP. Andy P Wardhana, S.IK, MM melalui Kapolsek Lais Iptu. Sukamto mengatalam Bhabinkamtibmas turun membantu bersama masyarakat membangun jembatan tersebut. Karena memang akses tersebut sangat dibutuhkan masyarakat.

“Kita bersama masyarakat membangun jembatan tersebut. Jembatan tersebut hari-hari dibutuhkan dan terkait dengan lokasi lintasan angkut barang hasil pertanian masyarakat,” ujarnya.

Selain akses angkut barang perkebunan, jalan tersebut juga kerap digunakan untuk lalu lintas masyarakat Desa Lubuk Gedang menuju Desa Kertapati. Selama ini masyarakat terpaksa memutar melintasi jalan Desa Kalbang untuk menuju Desa Kertapati.

“Jembatan yang dibangun juga saat ini sangat kuat dan mudah-mudahan tidak mudah terbawa banjir. Karena langsung dibuat cor ke tanah. Bahkan jembatan bisa dilintasi kendaraan roda empat,” pungkas Kapolsek.(qia)

Berita Lainnya

Perketat IMB, Antisipasi Dampak Bencana

TUBEI, rakyatbengkulu.com – Tingginya potensi bencana di Kabupaten Lebong tidak bisa dihindari mengingat kontur dan …