Jumat , 3 Februari 2023
Home / Bengkulu Raya / Kaur / Hanya Dua Parpol Memenuhi Syarat

Hanya Dua Parpol Memenuhi Syarat

Koordinator Divisi Teknis KPU Kaur, Irpanadi saat memastikan data salah satu anggota parpol terjauh, yang berada di Desa Trijaya, Kecamatan Nasal.

KAUR, rakyatbengkulu.com – KPU Kabupaten Kaur baru selesai melakukan verifikasi faktual (Verfak) pengurus dan anggota partai politik (Parpol) di Kabupaten Kaur. Hal ini untuk mempersiapkan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Ketua KPU Kaur, Yuhardi, S.IP, MM melalui Divisi Teknis Irpanadi, S.IKom mengatakan, berdasarkan hasil verfak pengurus dan anggota parpol yang dimulai dari 15 Oktober sampai November 2022, dan telah melalui pemeriksaan kembali, hasilnya banyak ditemukan, baik anggota maupun pengurus parpol tidak sesuai dengan data partai politik yang dilaporkan.

Dari 1.313 anggota, sembilan parpol yang diverfaki secara sampling, ditemukan 886 anggota yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sebagai anggota. TMS ini terjadi karena beberapa faktor, mulai dari saat dilakukan pendataan oleh petugas nama tersebut tidak mengakui sebagai anggota, dan ada juga yang tidak berada di tempat, atau telah pindah domisili.

“Tentunya ini fakta baru yang kami temukan selama kegiatan ini, nantinya hasil atas apa yang kami temukan dilapangan ini akan menjadi catatan untuk parpol yang besangkutan,” kata Irpanadi.

Irpanadi menambahkan, dalam kegiatan verfak ini, terungkap pula dari sembilan parpol hanya dua parpol yang memenuhi angka minimal syarat keanggotan sesuai ketetapan, yakni Partai Perindo dan PSI. Sedangkan tujuh parpol
lainnya, yakni Partai Garuda, Partai Buruh, Partai Hanura, PBB, PKN, Partai Gelora, serta Partai Ummat tidak memenuhi syarat minimal anggota.

Dijelaskannya, parpol yang belum memenuhi angka minimal syarat keanggotan dan lainnya, masih diberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan di masa verfak. Perbaikan dimulai 24 November sampai 7 Desember 2022.

“Untuk itu dimasa perbaikan ini, kami mengimbau dan meminta parpol memanfaatkan waktunya. Sehingga seluruh syarat minimal dapat terpenuhi pada masa perbaikan ini, karena nanti KPU akan kembali melakukan verfak terhadap sampling bersama dengan tim dari KPU RI,” terang Irpan.

Lanjutnya, pada dasarnya parpol cukup meminta anggotanya memperlihatkan KTP atau KK dan KTA selama masa verfak.

Tidak ada persyarataan lainnya. Karena proses verfak yang dilakukan sudah rampung, baik keanggotaan yang berada di daerah tidak sulit dan daerah yang sulit dilewati, semuanya sudah didatangi satu persatu. Dalam waktu dekat ini KPU Kaur akan mengundang parpol untuk persiapan verfak perbaikan.

“Dalam kegiatan verfak ini, tim kita selalu mendapatkan pengawasan langsung dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kaur. Harapan kita dalam perbaikan ini, parpol benar-benar memanfaatkan waktu untuk memenuhi kekurangan yang disampaikan,” imbaunya.(pir)

Berita Lainnya

Perketat IMB, Antisipasi Dampak Bencana

TUBEI, rakyatbengkulu.com – Tingginya potensi bencana di Kabupaten Lebong tidak bisa dihindari mengingat kontur dan …