Jumat , 2 Desember 2022
Home / Bengkulu Raya / Kepahiang / Kejar Izin Pemindahan TMP

Kejar Izin Pemindahan TMP

Dinsos Kepahiang saat membersihkan TMP Santoso menjelang Hari Pahlawan 10 November. (foto: arie)

KEPAHIANG, rakyatbengkulu.com – Pemkab Kepahiang kembali mewacanakan untuk memindahkan dua makam pahlawan yang berada di Kelurahan Pasar Ujung ke lokasi Taman Makam Pahlawan (TMP) Desa Pagar Gunung Kecamatan Kepahiang. Rencana pemindahan makam Letnan Santoso dan Mayor Salim Batubara ini sudah sejak 2020 lalu.

Berhubung adanya sejumlah kendala, hingga tahun ini pemimdahan belum juga direalisasikan. Tahun 2023 mendatang Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kepahiang kembali mewacanakan untuk memindahkan kedua makam tersebut, sekaligus melakukan pembangunan pagar TMP.

Kepala Dinas Dinsos Kabupaten Kepahiang, Helmi Johan, M.Pd melalui Kabid Penanganan Fakir Miskin dan Pemberdayaan Sosial, Rizal Aswanda, S.IP, MAP menyampaikan, jika tidak ada aral melintang pemindahan 2 makam pahlawan Kabupaten Kepahiang ke TMP Desa Pagar Gunung akan dilaksanakan 2023 mendatang.

Pihaknya menargetkan, pemindahan dilakukan serentak dengan peringatan hari pahlawan November 2023 mendatang.

‘’Mudah-mudahan saja bisa terwujud. Wacana untuk pemindahan sudah beberapa tahun terakhir. Kita terhambat oleh sejumlah kendala, sehingga belum dilakukan pemindahan hingga sekarang ini,” jelas Rizal.

Sebelumnya Pemkab Kepahiang juga sudah berpamitan dengan keluarga dua pahlawan tersebut. Tidak ada
yang keberatan makam dipindahkan.

Selain menargetkan pemindahan dua makam pahlawan, Dinsos Kepahiang juga mengusulkan anggaran untuk dilakukan pembangunan pagar TMP di 2023 mendatang.

“Pihak kelurga kedua pahalawan tersebut sudah menyetujui dan hanya pelaksanaan saja. Tahun 2023 kita juga mengajukan pembangunan pagar TMP dan sekarang pengajuan sudah dalam pembahasan DPRD Kepahiang.

Kita berharap di 2023 mendatang, pembangunan pagar TMP terwujud dan pemindahan 2 makam pahlawan juga bisa terwujud,” demikian Rizal.(sly)

Berita Lainnya

Hanya Dua Parpol Memenuhi Syarat

KAUR, rakyatbengkulu.com – KPU Kabupaten Kaur baru selesai melakukan verifikasi faktual (Verfak) pengurus dan anggota …