Jumat , 2 Desember 2022
Home / Bengkulu Raya / Kepahiang / Santoso dan Salim Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Santoso dan Salim Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Sekda Kepahiang Dr. Hartono, M.Pd saat melakukan tabur bunga di TMP Santoso, kemarin (10/11). (foto:arie)

 

KEPAHIANG, rakyatbengkulu.com – Pemkab Kepahiang saat ini masih memperjuangkan Letkol. Santoso dan Mayor. Salim Batubara agar bisa masuk dalam daftar pahlawan nasional Indonesia.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepahiang, Dr. Hartono, M.Pd saat menjadi inspektur upacara dalam rangka Hari Pahlawan 10 November, kemarin (10/11).

Dijelaskan Hartono, bertepatan dengan momen peringatan hari pahlawan ini, Pemkab Kepahiang berharap kedua nama pahlawan yang telah bertumpah darah demi mempertahankan keutuhan negara khususnya Kabupaten Kepahiang ini bisa dicetuskan menjadi pahlawan nasional.

“Ada 2 pahlawan kita yang sudah diusulkan ke Kemensos. Namun sampai saat ini masih belum ada kepastiannya, hanya saja tetap kita harus perjuangkan sampai nama keduanya bisa bertengger di daftar pahlawan nasional,” jelas Hartono.

Lebih lanjut dikatakan bahwa informasinya saat ini pemerintah pusat masih menunggu kelengkapan bukti-bukti kepahlawanan 2 veteran ini.

Mulai dari sejarahnya, riwayat hidup dan sejumlah bukti lainnya termasuk juga foto semasa hidup.

“Kalau yang sudah kita miliki yang pertama makam, sudah kita lampirkan. Sementara untuk bukti-bukti lainnya yang diminta akan kita lengkapi,” lanjutnya.

Selain itu Hartono juga menjelaskan bahwa bukti dari keseriusan Pemkab Kepahiang dalam mengenang jasa para pahlawan ini adalah dengan pemindahan makam yang sudah disetujui oleh pihak keluarga.

“Kita juga sudah siapkan pemindahan makam untuk keduanya. Mudah-mudahan usulan yang kita sampaikan ini bisa diakomodir oleh pemerintah pusat,” pungkas Hartono. (sly)

Berita Lainnya

Hanya Dua Parpol Memenuhi Syarat

KAUR, rakyatbengkulu.com – KPU Kabupaten Kaur baru selesai melakukan verifikasi faktual (Verfak) pengurus dan anggota …